Travelista : Singapore

Ibn Batuta berkata “Travelling – It leaves you speechless, then turns you into a storyteller” yang bisa diartikan dengan sangat simple yakni “Yuk, travelling, Hijabellove”

Buat yang belum pernah keluar negeri, Singapura bisa jadi salah satu alternative destination buat para beginner traveller nih. Bisa dikatakan Singapura adalah negara di Asia Tenggara yang maju jadi tidak perlu khawatir tersesat atau jadi korban kriminal deh, hehe. Kalau setelah jalan-jalan dan akhirnya tidak tahu jalan pulang, kamu bisa andalkan MRT atau bis karena public transportation disana sudah tertata apik dan terjangkau ke seluruh penjuru kota. Selain tidak jauh dari Indonesia, yakni sekitar 1,5-2 jam dari Jakarta via udara, tempat wisata disana juga banyak dan aksesnya mudah dijangkau. Visa diurus saat kedatangan dan hotel budget juga banyak bahkan untuk para backpacker ada pula yang dormitory. Kali ini, ikuti perjalanan singkat di Singapura ala Via, salah satu tim Hijabella yang mengunjungi Singapura bulan lalu yuk.

 

TIPS :

  1. Buat yang mau backpacker-an dan memilih stay di dormitory hotel pastikan kamu pilih yang female only ya, karena 1 kamar terdiri dari 5-10 orang foreigner.
  2. Banyakin ngobrol dengan roomates kamu siapa tau bisa punya agenda ke tempat yang sama jadi bisa barengan deh, selain bisa nambah teman kamu juga bisa hemat karena bisa patungan, hehe.

Wisata Muslim

Di setiap travelling, sebagai muslim saya selalu tertarik dengan masyarakat sesama muslim yang ada di wilayah tersebut. Di Singapura, ada sebuah tempat wisata bernama Kampong Glam yang jadi representasi kaum Muslim disana. Kawasan historis ini menjadi area konservasi dan menarik sekali karena sepanjang jalan melalui Bussorah, Baghdad, dan Kandahar Street deretan rukonya dicat warna warni ceria, perpaduan ekletik bangunan berupa toko-toko kuno maupun modern dan biasanya dijadikan spot untuk foto-foto. Dari dulu wilayah ini familiar sekali sebagai Kampung Arab yang menjual kebutuhan religi komunitas Muslim.

 

Tidak jauh dari situ, tepatnya di Muscat Street ada masjid yang wajib dikunjungi di Sigapura yakni Sultan Mosque. Katanya dibangun pertama kali tahun 1826 dan kamu wajib memakai pakaian yang sopan dan menutup aurat untuk perempuan jika ingin masuk ke dalamnya ya. Di dalam masjid ini ada sebuah karpet yang disumbang oleh pangeran dari Arab Saudi. Istirahat sejenak sambil menantikan waktu shalat dhuhur atau ashar disini nyaman sekali lho.

 

TIPS :

  1. Menuju Kampong Glam gampang banget, kamu tinggal naik MRT dan turun stasiun Bugis.
  2. Di wilayah ini ada Bugis Junction dan Bugis Street yang ramai dikunjungi untuk beli oleh-oleh, jadi bisa sekalian hunting dan belanja deh kalau kesini.
  3. Ada salah satu oleh-oleh bernama ‘rehal’ yakni peyangga buku yang khusus dipakai untuk Al Quran yang bisa kamu beli di ujung Arab Street.

 

Garden by the Bay

            Nature Meets Technology. Sepertinya itu ungkapan yang tepat untuk spot wisata satu ini. Betapa tidak, Singapura memang tak punya wilayah dan sumber daya alam yang luas namun tempat ini disulap jadi lahan terbuka hijau raksasa yang sarat teknologi. Sebut saja Flower Dome, Cloud Forest, dan Supertree. Luasnya sekitar 101 hektar dan seperti namanya, kita bisa menikmati view skycrapper di tengah kota Singapura dari pinggir teluk. Ada tiga area disini yakni Bay South, Bay East, dan Bay Central.

 

Di Flower Dome kamu bisa menemukan berbagai jenis varietas bunga –bahkan yang langka sekalipun, yang dikumpulkan dari berbagai penjuru dunia oleh ahli botani. Terkagum dengan kubah raksasa tempat ratusan bunga ini ditanam seolah berada dalam taman asli. Kamu bisa puas foto-foto disini karena banyak spot cantik bersama bunga-bunga yang subhanallah indahnya. Berbeda dengan Cloud Forest. Disini kamu akan tercengang saat masuk entrance gate-nya karena kita akan disambut oleh air terjun buatan yang tinggi dan deras. Ya, benar! Air terjun buatan di dalam sebuah ruangan kaca raksasa tertutup. Can’t you imagine, Hijabellove? Selanjutnya kamu bisa mengikuti alur yang disediakan naik ke puncak air terjun yang nuansanya dibuat seolah-olah sedang berada di dalam hutan belantara yang penuh semak belukar. Sungguh artistik.

Flower Dome Singapore

Flower Dome Singapore

Koleksi bunga di Flower Dome Singapore

Koleksi bunga di Flower Dome Singapore

Mau yang agak menantang? Cobalah naik ke Supertree di Bay South yang berbentuk kebun vertikal setinggi 16 lantai dan berjalanlah di jembatan gantung dari satu Supertree ke Supertree yang lain. Kerennya lagi, ternyata Supertree ini didesain mampu menampung air hujan, menghasilkan solar cell, dan jadi saluran irigasi untuk konservatori di sekitarnya lho. Itu teknologi yang mengesankan.

TIPS :

  1. Garden by the Bay bisa ditempuh dari pusat kota di area Marina Bay cuma dengan jalan kaki lima menit saja.
  2. Pastikan kamu punya peta atau jika ingin praktis ikut aja audible tour melihat seluruh area secara singkat yang disediakan disana dengan membayar 8 dollar SGD per orang.
  3. Kamu bisa beli tiket masuk Flower Dome dan Cloud Forest melalui voucher atau deal yang ada di website jika ingin mendapat harga lebih murah.

 

Universal Studio Singapore

Nah, yang satu ini mungkin ga asing ya didengar. Disingkat USS, merupakan sebuah komplek wahana wisata yang lokasinya di Sentosa Island. Ini adalah Studio Theme Park terbesar kedua setelah Hong Kong yang katanya luasnya sekitar 20 hektar (buat perbandingan, Dufan Ancol aja cum 9,5 hektar). Yah, seharian kayaknya kurang deh muterin semua tempat disini. Ada tujuh zona dengan tema yang unik dan berbeda-beda dan pastinya bikin kamu ga berhenti untuk mengabadikan momen alias foto-foto.

Zona Hollywood, New York, Sci-Fi City, Mesir Kuno, The Lost Word, Far Far Away, dan Madagascar. Yang asik di zona Hollywood sering muncul karakter film seperti Kungfu Panda, Woody Woodpecker, Marylin Monroe, dll. Di Zona New York lengkap kita disuguhi replika miniature landmark-nya seperti perpustakaan kota New York, trademark city skyline dan neon light. Di Zona Sci-Fi ada dueling roller coaster yang katanya tertinggi di dunia lho dan setting temanya adalah Battlestar Galatica. Kalau di Zona Ancient Egypt ada atraksi Revenge of the Mummy yang bisa menjelajahi lorong dengan kendaraan berkecepatan tinggi dengan suasana pengejaran prajurit mumi yang menyerang. Zona Far Far Away terinpirasi dari DreamWorks kisah Shrek dengan istananya yang seperti di film-film. Zona Madagascar berlatar belakang hutan tropis yang rimbun lengkap dengan hewan-hewannya.

 

TIPS :

  1. Menuju Sentosa Island ini mudah, tinggal naik MRT menuju
  2. Beli tiket di website biasanya lebih murah sampai 7-8 dollar SGD, sangat membantu mengurangi budget lho, sering-sering cek promo ya, hehe.
  3. Jangan kelewatan foto di depan globe raksasa di depan entrance gate dan kunjungi juga canylicious sebelum masuk.
  4. Makan dulu sebelum masuk wahana lebih baik lho, karena kamu akan butuh banyak energi untuk mengarungi seluruh wahana, ada foodcourt yang menjual makanan halal di depan USS.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s