Image

We Love Indonesia : Thousand Island

Hijabella Magazine 11th Edition

 

Hi, dear Hijabellove. Ada yang abis Ujian Nasional? Semoga semua lulus dengan hasil yang memuaskan ya, amin 🙂 Nah, pasti lagi libur dong sekarang dan biasanya udah banyak destinasi liburan yang sudah kamu susun biar ga suntuk di rumah ya. Eits, ada yang belum punya vacation planning? Serius? Oke, yuk ke Kepulauan Seribu aja.

Cinema XXI & 21 Februari Maret #3

Jadi, kali ini tim Hijabella diajak liburan menelusuri Kepulauan Seribu nih oleh tim pengenliburan.com. Ga perlu mikir ribet lagi deh karena semua vacation planning bisa dibantu sama mereka, asik kan? Nah, buat yang di Jakarta tapi belum ke Kepulauan Seribu kayaknya rugi banget, ya. Letaknya kan ga jauh nih dari Jakarta dan tourism destination-nya kelas dunia lho. Buat kamu yang butuh semacam sweet escape dari kepenatan kota Jakarta juga oke, weekend trip is the best option. Cukup 2 hari 1 malam saja dan kamu akan pulang dari Kepulauan Seribu dengan seribu semangat baru. Penasaran? Lets check this out, babes.

 pantaipmacan

Saturday, 5am

Begitu banyak pulau di rangkaian Kepulauan Seribu, namun yang sudah dihuni baru beberapa. Saya berkesempatan datang ke Pulau Harapan untuk menginap. Ada dua pilihan untuk menuju Pulau Harapan, dengan boat cepat dari Ancol atau kapal besar dari Muara Angke. We travel with the second one. Dari pukul 5 subuh kita sudah harus stand by di kapal, ini jika kita ingin dapat tempat duduk yang cukup nyaman, karena biasanya overload penumpang. Perjalanan menyusuri laut memang asyik, tapi jangan lupa bawa obat anti mabuk laut ya untuk jaga-jaga.

 

Saturday, 11am, Harapan Island

Yeay, setelah hampir 4 jam, akhirnya sampai dan langsung menuju homestay untuk lunch dan prepare snorkeling. Satu homestay terdiri dari 10 orang gabungan dari beberapa travel lain, inilah salah satu enaknya travelling, jadi punya kenalan dan temen baru deh. Beberapa saat kemudian kami dijemput oleh tour guide mengarah ke kapal yang akan membawa kami mencari spot snorkeling yang keren. Destinasi pertama adalah Pulau Kayu Angin.

Pulau Macan

Saturday, 1pm, Kayu Angin Island

Selama perjanan sekitar 15 menit kami di briefing oleh guide bagaimana cara memakai alat snorkeling yang aman. Lebih baik lagi kalau kita punya alat snorkeling sendiri sih, Hijabellove. Selain lebih aman, kita juga tidak akan sharing mouth to mouth dengan orang lain. Bagi beberapa orang yang ikut, ternyata ini adalah kali pertama mereka snorkeling bahkan ada yang mengaku tidak bisa berenang. Nah, ini dia enaknya snorkeling, buat Hijabellove yang ga bisa renang ga usah khawatir, kita pakai pelampung kok jadi ga bakal tenggelam deh. Beda dengan diving yang memang sudah harus jago berenang. Ups, satu lagi, buat kamu para girlies yang ga mau pulang snorkeling jadi menghitam lebih baik prepare sunblock yang water resistant dengan SPF lebih dari 50 ya, hehe.

Kapal berhenti agak jauh dari dermaga pulau. Kami tidak turun ke daratan tapi langsung lompat dari kapal untuk memulai ‘penelusuran’ bawah laut. Hijabellove tau apa yang saya rasakan saat putaran pertama snorkeling? Rasanya bikin nagih! Ga berhenti rasanya dalam hati berucap syukur karena diberi kesempatan untuk melihat ciptaan Allah yang begitu indah ini. Akuarium alam yang ‘sengaja’ ditata apik oleh Tuhan untuk manusia. Mungkin itu perumpamaan yang pas. Bagaimana tidak, air laut yang jernih seakan jadi kaca untuk melihat langsung ke dasar laut yang dipenuhi terumbu karang nan indah dan bayangkan saat berenang kita dikelilingi oleh ikan-ikan kecil bewarna-warni seperti di film kartun atau national geographic, hehe. Ikan nemo seperti di film Finding Nemo? Ada! Tapi susah sekali buat dipegang nih, berulang kali nyoba nangkep satu ikan untuk sekedar disentuh aja susah setengah mati, hehe J

snorkeling1

Saturday, 3pm, Macan Island

Tidak berhenti di satu pulau saja, kami diajak menjajal keindahan bawah laut di pulau lainnya. Kali ini Pulau Macan. Di destinasi snorkeling kali ini kami lebih fokus untuk mengabadikan momen alias foto-foto. Sang tour guide telah siap dengan kamera anti airnya dan kami pun ngantri deh untuk foto, hehe. Tour guide kami handal, hasil bidikan kameranya cukup bagus, dan yang penting dia menjaga keselamatan dan keamanan kami selama snorkeling, terutama untuk yang ga bisa renang. Saat snorkeling di pulau ini, saya sempat melihat bintang laut biru lho. Bintang laut ini bukti bahwa tingkat pencemaran laut di Kepulauan Seribu masih tergolong rendah karena bintang laut ini bisa mati jika air laut sudah tercemar. Semacam indikator alami. Beberapa putaran mengelilingi laut di sekitar pulau ini saja rasanya tidak cukup, tiba-tiba waktu sudah menunjukkan pukul 4.30 sore yang berarti sudah hampir 3,5 jam saya snorkeling.

Bintang laut biru

 

Saturday, 5pm, Bira Island

Setelah berjam-jam kami menikmati keindahan laut, capek dong pasti, guide kami mengarahkan kapal menuju Bira Island dimana kita bisa beli sesuatu untuk dimakan dan diminum. Setelah tenaga terisi kembali, kami sempat memutari pulau yang tidak terlalu besar ini dengan berjalan kaki sambil sesekali foto-foto. Pasirnya putih dan sangat halus, beda dengan pasir di pantai Jakarta ya, hihihi. Sepanjang mata memandang adalah hamparan laut bewarna biru bening yang indah sekali, cocok untuk refreshing.

Pulau Bira

Saturday, 6pm, Perak Island

Kapal melaju menuju satu lagi destinasi pulau hari ini yakni Pulau Perak. Disini kami menghabiskan waktu untuk menikmati sunset. Kami duduk di pasir dekat bibir pantai dan menenggelamkan kaki kami sedikit ke air laut. Rasanya nyaman sekali. Warna jingga yang bercampur keunguan mulai terlihat di tempat matahari mulai tenggelam. Lengkap sudah perjalanan hari ini. Sungguh indah kuasa Allah ya, Hijabellove J

Snorkeling Pulau Kayu Angin

Saturday, 8pm, Barbeque Time

Setelah kembali ke homestay dan bersih-bersih diri, kami makan malam. Ada waktu sejenak saya pilih untuk berjalan-jalan memutari pulau ini bersama beberapa teman. Kembali ke homestay, acara dilanjut dengan barbeque yang sudah disediakan oleh guide kami. Ikan yang dibakar namanya ikan cakalang dan ukurannya jumbo. Sambil ngobrol dan bermain alat musik seadanya kami menikmati penghujung malam dengan keakraban dan kehangatan.

 

Sunday, 7am, Kelapa Dua Island

Hari ini agendanya melihat konservasi penyu di Pulau Kelapa Dua. Setelah sarapan, kami naik kapal sekitar 15 menit dan sampailah kami di tempat panangkaran penyu sisik tersebut. Penyu yang besar boleh dipegang jadilah dia sasaran untuk foto-foto kami, hehe.

pulau harapan

Sunday, 9am, Banana Boat Time

Kembali dari Pulau Kelapa Dua, kami memilih untuk bermain Banana Boat. Alhamdulillah, saya mendapat teman-teman baru yang asyik jadi kami bisa seru-seruan bareng. Kami berlima yang naik banana boat bisa teriak-teriak, entah itu melepas beban pikiran atau karena takut dilempar ke laut, hehe. Ketika banana boat ditarik oleh kapal dan mulai oleng ke kiri dan ke kanan, kami sudah jejeritan dan adrenalin segera naik. Dan puncaknya adalah ketika akhirnya kami berlima sengaja dijatuhkan ke laut secara tiba-tiba. Itu pengalaman seru dan bikin nagih lho, Hijabellove. Penutup liburan yang menyenangkan.

Banana Boat

Sunday, 12pm, Back to Jakarta

Setelah basah-basahan bermain banana boat, kami kembali ke homestay dan bersih-bersih diri untuk bersiap pulang. Kapal kami berangkat pukul 12 siang kembali ke Jakarta. Perjalanan kurang lebih 3 jam dan air laut cukup besar sehingga kami sering terkena cipratan air laut. Kembali ke Jakarta pikiran sudah fresh dan siap untuk kegiatan sehari-hari lagi. Jadi, tidak ada alasan untuk liburan keluar negeri kalau ibukota Indonesia saja punya destinasi seindah ini, we love Indonesia, don’t we? 🙂

 

Hijabellove bisa baca artikelnya di Hijabella Magazine edisi 11 Tahun 2014 cover Dina Tokio ya 🙂

Hijabella Magazine Edisi 11 tahun 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s