How To Treat Your Amazing Batik?

How to Treat Your Amzing Batik?

How to Treat Your Amzing Batik?

Punya baju batik?

Bagus-bagus ya memang corak dan warnanya batik-batik itu πŸ™‚

Menggoda mata dan iman untuk terus menambah koleksi kita di lemari πŸ˜›

Nah, setelah dibeli dan dipakai, masalah biasanya adalah pada saat mencuci. Ga jarang yang bingung bagaimana caranya agar warna batik kita tetap bagus setelah dicuci, terutama batik tulis.

Karena saya juga suka batik dan hidup lama di kota jogjakarta yang kaya batik, saya juga mau share nih cara merawat batik agar tetap indah warnanya walaupun setelah bekali-kali dicuci dan dipakai πŸ™‚

Triknya :

1. Cuci batik dengan menggunakan shampo rambut. Caranya, larutkan shampo dan air ke dalam ember, lalu masukkan batiknya. Sekarang juga banyak dijual kok sabun pencuci khusus batik yang biasa disebut lerak, bisa juga dipakai selain shampo, hehe πŸ™‚

2. Jangan memakai detergent saat mencuci batik ya… Kalau batik ngga terlalu kotor, dicuci aja dengan memakai air hangat, dan kalau ada sedikit noda, pakai sabun mandi biasanya juga bisa hilang kok. Kalau masih belum hilang, coba pakai kulit jeruk, Dan penting! Jangan pakai mesin cuci ya πŸ˜€

3. Setelah dicuci dan mau dijemur, batiknya ga usah diperas. Langsung aja jemur. Dan jangan langsung terpapar sinar matahari. Jemur di tempat yang teduh ya πŸ™‚

4. Nah, kemudian proses penyetrikaan. Kalau mau disetrika, kain batik dilapisi dulu dengan kain lain sebelum langsung terkena panas setrika.

5. Setelah disetrika, nah menyimpan di dalam lemari juga diperhatikan ya. Kalau bisa disimpan dengan dilapisi plastik pakaian dan digantung. Eits, tidak perlu pakai kapur barus, katanya sih kapur barus itu keras dampaknya kalau kena kain batik. Tipsnya, coba kamu bungkus merica atau lada dengan tisu lalu masukkan ke lemari pakaian tempat menyimpan batik πŸ˜€

Kalau ibu/mama/bunda di rumah belum tau tips ini, coba share ke mereka yuk, siapa tau bisa berguna πŸ™‚

Kalau ibu saya sih, udah tau sejak lama karena beliau orangnya “primpen” banget sama batik :p

nb: gambar disunting dari gogirl.com ^_^

Follow gambar lainnya disini yuk : πŸ™‚ Follow @chidway

Advertisements

2 comments on “How To Treat Your Amazing Batik?

  1. mbak Way dagang pakaian nih ceritanya? :p

    hehehe, saya jarang mengenakan pakaian batik, kalau dicuci pun di jasa laundry. Tapi apa mereka memperlakukan batik saya dengan benar yah?

    • Mas Wijna….
      Wah saya dan beberapa mbak2 ‘PB’ sudah lama ini dagangnya..
      Hanya biasanya di fb, sekarang nambah ini, doakan berkembang lagi ^_^
      Ada lho pakaian2 yang couple2 buat mas wijna dan dedek Yuli.. hehe..
      Sukses buat mas Wijna ya πŸ™‚
      *kangen gowes :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s